• (0285) 4484232
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  • Senin - Jumat

Berita

Kalian Tahu Gak Sih? Stunting pada Anak Bisa Sebabkan Masalah Psikologis Seumur Hidup Lho!

Kalian Tahu Gak Sih? Stunting pada Anak Bisa Sebabkan Masalah Psikologis Seumur Hidup Lho!

Siapa sih yang gak tahu stunting? Stunting, merupakan masalah yang cukup umum ditemui di Indonesia. Berdasarkan Survei Status Gizi Indonesia (SSGI) terbaru angka stunting Indonesia masih berada pada 21,6 persen di tahun 2022. Meskipun stunting terkesan umum ternyata stunting memiliki efek samping yang lebih mengerikan daripada yang kita pikirkan. Baru-baru ini, penelitian terbaru mengungkapkan bahwa dampak dari stunting pada anak jauh lebih buruk daripada yang pernah kita bayangkan. Bukan hanya masalah pertumbuhan fisik, tetapi juga menghantui aspek psikologis anak hingga dewasa.

Stunting adalah sebuah kondisi ketika pertumbuhan fisik dan perkembangan seseorang terhambat atau terhenti akibat kekurangan gizi yang kronis dan berulang selama periode pertumbuhan yang kritis, terutama pada masa anak-anak. Mengingat pentingnya stunting serta urgensi kasus stunting yang terjadi di Desa Doro, pada hari Sabtu, tanggal 22 Juli 2023, Fauziah Nurul Faisa, mahasiswa Tim II KKN (Kuliah Kerja Nyata) dari Universitas Diponegoro telah mengadakan kegiatan sosialisasi dampak stunting terhadap psikologis anak kepada orang tua di Desa Doro yang berlokasi di Posyandu Dukuh Kasogunung. Kegiatan ini dihadiri oleh tujuh mahasiswa dari tim KKN UNDIP serta beberapa ibu-ibu warga Desa Doro dengan anak balita. Kegiatan ini diisi dengan pemaparan mengenai dasar-dasar stunting, pemenuhan gizi yang cukup, dampak-dampak stunting, serta cara pencegahan stunting.

  Dokumentasi  1. Sosialisasi Dampak Stunting terhadap Psikologis Anak kepada Orang Tua di Desa Doro, Dukuh Kasogunung

Mahasiswa Tim II KKN UNDIP dari jurusan Psikologi dan Kedokteran, serta ahli gizi dari Puskesmas Doro telah bersatu untuk memperingatkan para orangtua tentang urgensi masalah ini. Tidak hanya mengenai pola makan yang tepat, tetapi juga peran ibu dalam memberikan dukungan emosional dan nutrisi yang kaya pada anak-anak mereka. 

Setelah sosialisasi dilakukan, Tim II KKN UNDIP mendapat umpan balik dari peserta sosialisasi. Peserta sosialisasi mengaku belum mengetahui dampak stuting sangat berbahaya baik bagi fisik maupun psikologis anak, dan berterimakasih atas materi dan pengetahuan yang disampaikan. Orang tua di Desa Doro juga mengatakan sangat bersemangat untuk dapat menerapkan cara pencegahan stunting sesuai dengan materi yang telah disampaikan. Nah, ini jadi peringatan buat kita semua, terutama para orangtua. Jangan remehkan masalah stunting! Pastikan si kecil dapat gizi yang cukup dan seimbang supaya  dapat tumbuh dan berkembang dengan maksimal. Cegah stunting sebelum genting itu penting.

Penulis : Fauziah Nurul Faisa


© 2024 Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Pekalongan. All Rights Reserved.